-->

Tips Memancing Ikan Mas ( wader ) Untuk Pemula

Memancing ikan mas bagi sebagian orang menjadi daya tarik sendiri, orang bilang susah susah gampang.
Meski diatas susahnya di atas tulis dua kali tapi kalau kita mau untuk berusaha dan berupaya, yang tadinya susah-susah kali tentulah akhirnya menjadi gampang broo!


Kumpulan_ikanMas
Koloni ikan mas didalam kolam

Kesempatan kali ini Gudang Metode akan mencoba mengurai trik memancing ikan mas di Kolam Pemancingan semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk temen-temen semua penghobi mancing.
Lalu kenapa judul di atas tips mancing ikan Mas untuk pemula ??? Jawabnya sederhana, karena bagi seorang Master mancing kami yakin mereka sudah lebih dari sekedar tahu dan menguasai teknik secara benar cara mancing ikan Mas atau Wader.

Perlu diketahui setiap ikan punya karakter yang beda-beda, lain ikan lain pula umpannya, lain pula tingkat agresifnya, lain pula ketahannya, dan lain-lain. Untuk itu sebelum kita ke Tips baiknya kita memahami dulu karakter jenis ikan yang satu ini .....

KARAKTER IKAN MAS
  • Tidak termasuk ikan daya tahan kuat
  • Hidup bergerombol/berkoloni
  • Tidak nyaman pada air yang tenang
  • Nyaman di air jernih
  • Daya pengelihatan yang kuat
  • Agresif pada pagi hari dan sore hari

Okelah kalau gitu !, kalian sudah paham kan karakter ikan Mas itu, lalu apa apa yang perlu dilakukan pemancing dan bagaimana persiapannya ??
Sesuai dengan karakter di atas maka hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut di bawah ini,


1. Joran/walesan

Tidak hanya daya tahan yang lemah, ikan Mas mempunyai ciri daging yang lembut dan lunak, untuk itu sebaiknya gunakan joran dengan ujung lentur (shiff) tetapi kuat.
Hal ini nanti akan berpengaruh saat tarikan ikan, bibir ikan mas tebal tetapi lunak dengan mengunakan joran yang kaku akan menghasilkan hentakan keras. Ikan yang sudah nyangkol bisa lepas akibat bibir sobek. 

2. Senar Dan Mata Pancing

Jenis ikan ini lebih mengandalkan pengelihatan daripada penciuman lho untuk mencari umpan, sebaiknya gunakan senar kecil ukuran 0,12 - 0,16, soft dan warna bening untuk kamuflase
Agar tidak ragu senar kecil bisa putus, baca:
Senar murah menjadi kuat ( belum update) dan juga gunakan mata pancing ukuran 4 - 6 tergantung bobot ikan didalam kolam. Senar dan Mata Pancing ukuran besar akan menarik perhatian ikan, bukannya didekati tetapi ditinggalkan. Sekedar bahan masukan saja, kualitas senar dan mata pancing yang bagus sangat berpengaruh lho. Jadi jangan mengunakan peralatan yang asal-asalan nanti juga hasilnya juga asal-asalan hehe

3. Umpan Dan Tabur

Umpan dan tabur besar sekali pengaruhnya untuk memancing ikan mas, ini bisa dikatakan menjadi faktor utama dalam memancing ikan Wader / Mas. Umpan dan tabur yang tidak tepat hanya akan membuat kalian seperti penonton bukan pemain.
Ikan mas tidaklah seperti lele atau bawal yang sembarang dalam hal makanan.
Saya tidak akan mengurai lebih detail tentang umpan, silakan bisa kalian baca tulisan saya di Umpan Ikan Mas Terbukti Joss

Itu tadi tiga hal persiapan memancing yaitu alat dan umpannya, setelah kalian sudah merasa oke dan siap semuanya baiklah kita tuliskan tipsnya.

TIPS DAN TRIK MANCING IKAN MAS

Tips mancing ikan Mas ini juga berdasar dan dilihat dari karakter ikan di atas tadi. Setelah kalian memahami karateristiknya saya kira ini hal terbaik yang perlu diperhatikan,  tips berikut ini sudah sering saya coba dan sudah saya rasakan hasilnya.
  1. Macing pagi hari/ sore hari, setelah subuh atau menjelang magrib
  2. Pilih spot dekat blower kolam
  3. Turun ke arena psmancingan jika selagi air kolam dalam keadaan jernih
  4. Siapkan beberapa umpan yang bervariasi untuk mengantisipasi selera makan ikan
  5. Tabur ( boom ), saran saya pakai kroto ( telur semut) yang masih segar. Apabila ingin menambah aroma, bisa sedikit diberi aroma essen udang atau nangka

Itulah tipsnya, kenapa dianjurkan dengan seperti itu ? Tidak ada jawaban yang tepat kecuali dengan silakan dibuktikan saja.

Itu tadi Sedikit gambaran dari Gudang Metode tentang cara/tips/trik memancing ikan Mas jenis Wader, tidak ada salahnya kalian mencoba tips diatas.

Demikian semoga bernanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memancing Ikan Mas ( wader ) Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1